Selasa, 03 Juli 2007

Nikkei Pagi Dibuka Menguat, Sentimen Positif Saham Manufaktur

Nikkei pagi ini (03/07) diperdagangkan meningkat dengan indeks berjangka dibuka menguat 100 poin pada level 18265 terpicu oleh data ISM Manufacturing US dalam bulan Juni yang secara tak terduga meningkat sehingga akan memberikan sentiment positif bagi saham-saham manufactur seperti Komatsu Ltd dan Denso Corp. Selain itu meningkatnya harga komoditi seperti minyak dunia memberikan sentiment positif bagi saham yang berkaitan dengan komoditi seperti Mitsubishi Corp.

Tetapi menguatnya nilai yen terhadap dolar dapat membatasi pembelian sektor exporter. Saham Kawasaki Heavy Industriesl Ltd dapat menarik minat pembeli setelah Nikkei Business daily melaporkan rencana perusahaan untuk membangun pesawat untuk komersial dengan menggunakan keahlian dari pengembangan pesawat militer. Analis memprediksikan Nikkei diperdagangkan di antara level 18,100-18,300.

Sementara di Chicago, Nikkei diperdagangkan di level 18,180-18,270. dan di-settle di level 18,270. Peningkatan bursa Wall Street dikarenakan data ISM Factory Index dalam bulan Juli ke level tertinggi dalam lebih dari 1 tahun sehingga meningkatkan perkiraan untuk ekonomi US tetapi peningkatan index dikhawatirkan terhambat karena menguatnya nilai yen ke level 122.2 karena spekulasi suku bunga US akan tetap stabil. Hari ini ABC-Mart danRyohin Keikaku Co melaporkan pendapatan kuartalnya setelah bursa tutup. Showa Shell Sekiyu KK akan membukukan keuntungan sebelum pajak sebesar35 milyaryen untuk semester 1 atau turun 33% dari tahun sebelumnya tetapi 5 milyar yen lebih baik dari perkiraan.

Tidak ada komentar: